Yuk Kenali Apa Sih Likopen Itu? Serta Ketahui Manfaatnya Untuk Kesehatan Anda

Tahukah Anda, beberapa jenis buah yang biasa Anda lihat sehari-hari memiliki kandungan likopen yang bermanfaat untuk kesehatan Anda. Buah-buahan apa saja yang mengandung likopen ini? diantaranya adalah tomat, semangka, jeruk limau gedang (grapefruit) serta buah-buahan lain yang berwarna merah atau merah muda.

Lalu apa itu likopen? likopen adalah zat atau pigmen yang memberi warna merah dan pink pada buah-buahan tersebut. Likopen ditemukan dapat memberi manfaat untuk kesehatan Anda, apa sajakah manfaatnya itu? Anda dapat mengetahuinya berikut ini.

Mengenal Likopen Dan Manfaatnya

Likopen, Apa Itu?

Likopen adalah unsur hara dalam tanaman yang bersifat sebagai antioksidan. Senyawa ini adalah pigmen yang memberikan warna merah dan pink pada buah tertentu. Banyak penelitian telah menemukan bahwa buah-buahan yang memiliki kandungan likopen bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh manusia.

Manfaatnya

Beberapa manfaatnya antara lain adalah bagus untuk kesehatan jantung, melindungi kulit dari iritasi akibat terbakar sinar matahari dan manfaat lainnya. Berikut manfaat-manfaat likopen :

Sebagai sumber antioksidan yang kuat

Likopen termasuk dalam keluarga karotenoid yang berupa kelompok antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Antioksidan bekerja melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Jika tingkat radikal bebas dalam tubuh Anda lebih tinggi daripada tingkat antioksidan maka ini akan berakumulasi menjadi suatu kondisi yang disebut stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif memiliki kaitan dengan beberapa penyakit kronis seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan Alzheimer.

Penelitian telah menemukan bahwa antioksidan dalam likopen dapat membantu menjaga tingkat radikal bebas dalam tubuh agar tidak dalam jumlah yang berlebih sehingga kondisi ini akan mencegah tubuh dari resiko terkena beberapa penyakit kronis.

Tidak hanya itu likopen juga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh pestisida, herbisida, MSG (monosodiun glutamat) dan beberapa jenis jamur.

Melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker

Antioksidan likopen sangat kuat sehingga dapat mencegah atau memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker. Penelitian melihat bahwa likopen dapat memperlambat pertumbuhan kanker payudara dan prostat serta dapat membatasi pertumbuhan tumor.

Penelitian lebih lanjut juga menemukan likopen dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di ginjal, menurunkan resiko terkena kanker paru-paru dan prostat sebesar 32-50%.

Baik untuk kesehatan jantung

Likopen dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kematian dini karena penyakit jantung. Secara khusus likopen membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi kadar kolesterol buruk (LDL) secara total dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Orang-orang dengan kondisi kesehatan sindrom metabolik akan mendapatkan manfaat luar biasa dengan mengkonsumsi likopen yang dapat memperpanjang umur mereka, dimana kombinasi kondisi kesehatan ini dapat menyebabkan penyakit jantung.

Efek dari likopen juga akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kadar antioksidan darah yang rendah atau memiliki tingkat stres oksidatif yang tinggi. Termasuk pada orang dewasa yang lebih tua serta pada orang-orang penderita diabetes, penyakit jantung atau perokok.

Melindungi kulit dari terbakar sinar matahari

Likopen menawarkan manfaat perlindungan terhadap efek merusak dari sinar matahari (UV). Dalam satu penelitian menunjukkan orang-orang yang mengalami kulit terbakar sinar matahari memperlihatkan reaksi kulit yang kurang parah terhadap paparan sinar matahari dengan mengkonsumsi likopen secara teratur selama 12 minggu.

Suplemen makanan yang mengandung likopen dan karotenoid lebih efektif mengurangi kerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari daripada yang hanya mengandung likopen. Namun perlindungan likopen terhadap kerusakan kulit akibat sinar UV bersifat terbatas dan tidak dapat digunakan sebagai pengganti tabir surya.

Manfaat lainnya

Likopen menawarkan beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan Anda yaitu :

Membantu meningkatkan penglihatan

Likopen memungkinkan untuk mencegah atau menunda pembentukan katarak serta mengurangi resiko pembentukan degenerasi makula yang menjadi penyebab kebutaan mata pada orang dewasa.

Mengurangi rasa sakit

Likopen membantu mengurangi nyeri neuropatik yaitu satu jenis rasa sakit yang disebabkan oleh kerusakan saraf dan jaringan.

Melindungi otak

Antioksidan likopen dapat membantu mencegah timbulnya kejang-kejang dan kehilangan daya ingat yang biasanya disertai dalam penyakit-penyakit berkaitan dengan usia seperti penyakit Alzheimer.

Berkontribusi untuk tulang kuat

Antioksidan likopen dapat memperlambat kematian sel-sel tulang. memperkuat arsitektur tulang serta membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

Sumber Makanan Likopen

Semua buah-buahan yang memiliki warna merah dan merah muda umumnya memiliki sejumlah likopen didalamnya. Beberapa makanan yang mengandung likopen diantaranya :

  • Tomat kering (yang dikeringkan dibawah sinar matahari)
  • Puree tomat atau pasta tomat
  • Jambu biji
  • Semangka
  • Tomat segar
  • Tomat kalengan
  • Pepaya
  • Pink grapefruit
  • Paprika merah yang matang, dan masih banyak lagi

Apakah Ada Kemungkinan Efek Samping?

Likopen umumnya dianggap aman bagi tubuh, tidak menimbulkan efek samping atau resiko negatif terutama likopen yang berasal dari sumber makanan alami.

Pada kasus yang sangat jarang mengkonsumsi makanan kaya kandungan likopen dalam jumlah sangat banyak dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit yang dikenal dengan lycopenodermia.

Namun kandungan likopen yang sangat banyak seperti itu umumnya tidak didapatkan hanya dari makanan, bisa saja diperoleh dari penggunaan suplemen likopen yang berlebihan.

Bagi Anda wanita hamil, suplemen likopen sebaiknya tidak Anda konsumsi karena suplemen tersebut kemungkinan juga mengandung jenis obat tertentu yang berbahaya bagi janin dan ibu.

Kesimpulan

Likopen sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung, melindungi kulit dari terbakar sinar matahari dan manfaat lainnya.

Meskipun likopen juga dapat Anda temukan dalam bentuk suplemen, namun likopen akan lebih efektif menawarkan manfaat untuk kesehatan apabila berasal dari sumber alami yaitu buah-buahan yang berwarna merah atau merah muda seperti tomat, semangka, jambu biji, pepaya dan masih banyak lagi.